Visi dan Misi

Visi

  1. Terwujudnya generasi muslim (insan religius) yang memiliki kualitas ruhiyah, maadiyah dan jasadiyah yang berimbang (tawazun) sehingga memiliki komitmen ke-islam-an yang tinggi sebagai khalifah Allah (peran) di muka bumi (Q.S. al-Baqarah, 2:30) yang cerdas, bermoral, mandiri dan kompetiti, siap mandiri (rijalan muharran), ‘alim, mujahid, muhsin, beramal ilmiah dan berilmu amaliah, kaya dengan ilmu pengetahuan, kokoh aqidahnya, mantap syari’ahnya, luhur akhlaqnya, memiliki jiwa pengabdian yang tinggi, berpijak dan berpegang teguh pada al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW, atas jalan Ahlussunnah Wal Jama’ah, sehingga mampu mengemban misi islam sebagai rahmatan lil alamin, menjadi kunci kebaikan untuk menjawab tantangan zaman
  2. Menjadi lembaga kaderisasi umat terdepan dalam mencetak sarjana muslim yang unggul, yang memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, komitmen dan kemampuan dakwah yang tinggi, keluasan ilmu, ketajaman analisis dan kematangan profesional melalui proses pendidikan yang integratif dan komprehensif.
  3. Menjadi pesantren bertaraf internasional.

Misi

  1. Membentuk generasi yang bertafaqquh fiddin (Qs. At-Taubah/9 : 122)
  2. Membentuk generasi yang berakhlakul karimah dengan suri tauladan Rasulallah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
  3. Membentuk generasi yang berwawasan luas serta memiliki kepedulian sosial (ta’awun, tarahum) yang tinggi, memiliki kemantapan akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan keterampilan serta cerah qalbunya, keluhuran budi pekerti (berakhlaqul karimah), shaleh, sehat, kreatif, dan memiliki kemampuan akademik serta keterampilan dasar sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah maupun yang ditetapkan Pondok Pesantren Nihayatul Muhtaj sehingga mumpuni dan terdepan dalam pembinaan umat
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kesenian yang bernafaskan islami.
  5. Menjadi lembaga yang bisa membantu masyarakat dalam peningkatan kualitas zikir, pikir dan amaliah ibadah dan amaliah kehidupan / ekonomi secara umum.
  6. Menyebarluaskan zikir ke seluruh masyarakat sebagai kekuatan dalam pencerahan qalbu.
  7. Memberikan pelayanan terbaik & keteladanan atas dasar nilai-nilai Islam yang inklusif dan humanis.
  8. Meningkatkan wawasan dan keilmuan santri sebagai kader dakwah.
  9. Melaksanakan dakwah Islam ke masyarakat.
  10. Mengembangkan manajemen pesantren terpadu di level nasional maupun internasional.
  11. Mengembangkan kemitraan dengan institusi lain baik regional maupun internasional.
  12. Mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak sesuai dengan  tahap perkembangannya sehingga Dayah / Pesantren berfungsi sebagai central of learning.
  13. Mengadakan pembinaan tenaga pendidik sehingga menjadi kader bangsa yang mumpuni dalam aspek kepribadian, keilmuan, dan skill keguruan.
  14. Mengembangkan kegiatan-kegiatan ilmiah yang menumbuhkembangkan kecerdasan intelektual.
  15. Memberikan pelayanan pendidikan dan bimbingan serta konsultasi syari’ah kepada ummat secara professional dan proposional.
  16. Mampu mendalami dan berkomunikasi dengan bahasa asing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s